Di sini saya akan membuat meja menggunakan blender dengan ukuran panjang 1.5 meter, lebar 1 meter dan tinggi 0.8 meter.
Bukalah software blender kalian, maka kita akan melihat antarmuka seperti gambar di bawah ini.
Setelah kalian klick pada sembarang tempat maka hilanglah menu splash pada halaman utama blender dan anda akan mendapati halaman seperti gambar di atas. klick pada halaman blender kalian seperti pada gambar yang sudah saya tandai itu atau bisa juga klick shortcutnya pada keboard huruf N, lalu klick num pad 7 pada keyboard maka kalian akan mendapati halaman seperti pada gambar yang di tandai no 1 berikut.
Setelah muncul halaman seperti ini di blender kalian, lihatlah gambar di atas yang saya beri tanda no 1 dan rubahlah nilai pada dimensionsnya menjadi X=1.000, Y=1.500 dan Z=0.030. setelah nilai pada dimensions tersebut di rubah, maka klick pada seperti gambar yang sudah saya tandai no 2 dan rubahlah ke edit mode dari obyek mode atau gunakan tombol keyboard dengan klick TAB.
Bukalah software blender kalian, maka kita akan melihat antarmuka seperti gambar di bawah ini.
Setelah kalian klick pada sembarang tempat maka hilanglah menu splash pada halaman utama blender dan anda akan mendapati halaman seperti gambar di atas. klick pada halaman blender kalian seperti pada gambar yang sudah saya tandai itu atau bisa juga klick shortcutnya pada keboard huruf N, lalu klick num pad 7 pada keyboard maka kalian akan mendapati halaman seperti pada gambar yang di tandai no 1 berikut.
Lihatlah gambar di atas yang saya beri tanda nomer 1 yang sebelumnya adalah obyek mode sekarang menjadi edit mode, maka kita sudah siap mengeditnya mejadi sebuah model meja sederhana. untuk membuat meja kita akan memerlukan tool toolnya, maka lihatlah pada tanda nomer 2. begitu juga nomer 3, nanti kita akan memerlukannya juga.
Untuk memotong bagian pada obyek lihatlah gambar di atas, klicklah pada tanda nomer 1 ( loop cut and slide) lalu tariklah kursor di pc kalian menuju tanda nomer 2 pada obyek garis horisontal, setelah muncul garis baru berwarna orange jangan di klick dulu tapi geserlah ke arah kiri seperti pada nomer 3 dan barulah di klick di sini(no 3). tapi untuk mendapatkan garis pada obyek seperti pada gambar di atas, kalian geserlah sumbu merah (x) ke arah kanan seperlunya. tapi untuk mendapatkan jarak yang lebih detail lagi, ubahlah angka pada kolom nomer 4.
lanjut ke gambar di atas. buatlah garis seperti pada no 2 dan 3 dengan jarak antara no 1 dan 2 di vector X 0.050 lihatlah tanda no 4 dan jarak pada no 2 dan 3 sama juga yaitu 0.050 lihatlah tanda no 4 juga.
Lalu tambahkanlah garis/potongan sama seperti pada gambar di atas, pada tepi no 1, 2 dan 3 dengan jarak yang yang sama yaitu 0.050 dari setiap tepinya.
Lalu tandai seperti pada gambar di atas, tapi klick (rubahlah) menu di halaman blender pada tanda no 1 itu seperti pada gambar di atas hingga muncul titik pada tengah tengah face. untuk menandainya pertama klick A pada keboard kalian, lalu klick kanan pada setiap titik face bawah lalu tekan dan tahan shift pada keyboard sambil meng-klick pada masing masing bagian seperti terlihat pada gambar di atas. lalu sama setelah seperti terlihat pada gambar, klicklah numpad no 1 lalu 8 dan no 5. maka akan terlihat seperti pada gambar berikut
Maka kalian akan melihat pemandangan seperti pada gambar di atas, untuk melanjutkan membuat mejanya maka klick E (extrude) pada keyboard kalian dan tariklah kursor kalian ke atas seperlunya. terus lihatlah gambar berikut.
Maka akan terlihat seperti pada gambar di atas, tapi untuk mendapatkan jarak yang lebih detail lagi lihatlah pada gambar yang saya tandai, lalu rubahlah angkanya menjadi seperti pada gambar di atas. lanjut
Setelah di extrude, lalu hilangkanlah tanda pada setiap sisinya dan sisakan pada setiap pojoknya yang natinya akan kita gunakan untuk membuat kaki kursinya. lihatlah gambar di atas, kira kira seperti itu. lalu tekan E (extrude) lagi dan tariklah ke atas seperlunya. maka akan terlihat menjadi seperti pada gambar berikut.
Setelah kita extrude kita menuju gambar di atas, di sana sudah saya tandai di sebelah kiri dan kita ganti vektornya pada sumbu Z menjadi 0.450 supaya mendapatkan ukuran yang detail.
Kita lanjut lagi ke gambar berikutnya. buatlah garis (potongan) seperti pada nomer 2 dan 3, dengan jarak pada sumbu Z antara nomer 1 dan 2 adalah 0.100 dan antara nomer 2 dan 3 adalah 0.050. lakukanlah pada setiap kaki pada meja, agar menjadi seperti pada gambar berikut.
lanjut ke gambar berikut
Ubahlah tanda seperti pada tanda no 6, untuk beralih ke face. setelah itu tandai seperti pada nomer 1, 2, 3, dan 4, lalu klick X atau hapus pada face seperti pada nomer 5. supaya menjadi seperti pada gambar berikut
Pada setiap masing masing kaki kini telah memiliki lobang, nah lobang lobang itu akan kita buatkan penguat kaki kaki pada meja. nah lihatlah pada gambar selanjutnya
Sebelum kalian menambahkan muka baru pada obyek itu, kalian lihatlah gambar di atas dengan tanda nomer 1 dan rubahlah menu itu seperti itu. lalu kalian tandailah edge atau garis pada nomer 2 dan 3 dengan cara klick kanan paa garis nomer 2, setelah itu tekan dan tahan tombol shift pada keyboard lalu klick kanan pada garis nomer 2 dan tekanlah F pada keyboard. ulangialah pada setiap garis pada lobang lobang tersebut hingga tertutup semua dan akan terlihat seperti gambar berikut
Jadi nanti akan mejadi seperti pada gambar di atas, pada tanda nomor 1 dan setelah itu rubahlah kembali dari edit mode ke obyek mode seperti pada gambar nomor 2. selanjutnya baliklah meja itu dengan cara klick R terus Y dan 180 pada keyboard kalian.
Selesai sudah cara Membuat meja menggunakan Blender, tapi maaf untuk memberikan material dan texturnya di lain waktu saja karena waktunya sudah tidak menentu buat saya. sekian dulu, semoga tutorial ini bermanfaat buat kalian dan terimakasih telah berkunjung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar